Search

3 Kunci Gaya Hidup Sehat Tekan Risiko Kanker - iNews

JAKARTA, iNews.id - Bukan rahasia umum lagi jika kanker menjadi salah satu jenis penyakit tidak menular yang paling banyak menimbulkan kematian, di samping penyakit jantung.

Berdasarkan data World Health Organization (WHO) pada 2015 tercatat bahwa sebesar 8,8 juta orang di seluruh dunia meninggal dunia akibat kanker. Artinya, 1 dari 6 kematian global disebabkan oleh kanker.

Sementara menurut data dari Infodatin Kanker Kementerian Kesehatan, prevalensi penyakit kanker pada penduduk semua umur di Indonesia tahun 2013 sebesar 1,4 persen atau diperkirakan sekitar 347.792 orang.

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki prevalensi tertinggi untuk penyakit kanker, yaitu sebesar 4,1 persen.  Berdasarkan estimasi jumlah penderita kanker, Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur menjadi provinsi dengan estimasi penderita kanker terbanyak, yaitu sekitar 68.638 dan 61.230 jiwa.

Penyakit ini memang menjadi momok bagi setiap individu dan perekonomian negara. Sebab, risiko yang ditimbulkan oleh penyakit kanker adalah kematian. Pengobatan kanker juga tak murah dan mudah.

Di Indonesia, pemerintah menggelontorkan dana pengobatan kanker yang ditanggung Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan sebesar kurang lebih Rp2,1 triliun.

Namun, sesungguhnya, penyakit kanker bisa dicegah. Pakar Onkologi sekaligus Ketua Perhimpunan Onkologi Indonesia Dr. Aru Wicaksono Sudoyo mengatakan, ada tiga komponen penting yang mesti dipegang untuk mencegah penyakit mematikan tersebut.

"Ada tiga komponen dalam kehidupan sehari-hari. Pertama, diet, dalam arti menu makanan sehari-hari yang perlu dijaga. Kedua, mempertahankan berat badan ideal. Lalu ketiga adalah exercise atau olahraga," kata Dr. Aru dalam acara Konferensi Hari Kanker Indonesia di Gedung Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta, Rabu (31/1/2018).

Jika tiga hal itu dilakukan secara konsisten, maka Anda telah menekan risiko kanker hingga 35 persen.

"Faktor makanan pada kanker, sama dengan rokok. Kalau rokok kan mudah dihentikan,  kalau makanan, maka kuncinya adalah handling makanan sehari-hari," kata dia.

Editor : Nanang Wijayanto

Let's block ads! (Why?)


Baca Kelanjutan 3 Kunci Gaya Hidup Sehat Tekan Risiko Kanker - iNews : http://ift.tt/2FAWyFs

Bagikan Berita Ini

0 Response to "3 Kunci Gaya Hidup Sehat Tekan Risiko Kanker - iNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.