Search

Gaya Hidup Seperti Ini Tingkatkan Radikal Bebas - Tribun Sumsel

GAYA hidup menggambarkan bagaimana Anda secara totalitas berinteraksi dengan lingkungan Anda. Akan tetapi gaya hidup Anda yang salah dapat memicu berbagai penyakit yang disebabkan oleh peningkatan radikal bebas. Sebenarnya tubuh Anda mempunyai kemampuan untuk menetralisir radikal bebas, akan tetapi bila jumlanya terlalu banyak kemampuan antioksidan tubuh untuk menetralisirnya akan bekurang.
Hal ini mengakibatkan timbulnya stress oksidatif yang berkaitan dengan berbagai penyakit.
Apa saja gaya hidup yang salah dan dapat meningkatkan radikal bebas? Berikut adalah gaya hidup tersebut:

1. Makan makanan yang tidak sehat dan siap saji dengan porsi besar
Kebanyakan fast food mengandung kalori, lemak dan garam yang tinggi yang dapat memicu radikal bebas dan merugikan kesehatan Anda. Hal ini dikarenakan tingginya garam dan pengawet yang sering digunakan. Selain itu apapun makanan yang digoreng menggunakan minyak sayur, akan berdampak buruk bagi kesehatan. Sebab, makanan itu akan mengandung lemak tak jenuh ganda, yang menghasilkan radikal bebas di dalam tubuh.

2. Meninggalkan konsumsi buah dan sayur
Banyaknya berbagai makanan cepat saji, mengakibatkan Anda meninggalkan konsumsi buah dan sayur. Seperti diketahui buah dan sayuran memang sehat untuk tubuh karena mengandung antioksidan yang tinggi yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas yang masuk ke tubuh Anda.

3. Malas melakukan olahraga
Kebanyakan orang akan malas melakukan olahraga dengan alasan tidak mau terburu-buru ke kantor, atau merasa waktu mereka di pagi hari tidak cukup apabila harus melakukan olahraga. Malas berolahraga menyebabkan mudah capek, sulit tidur, menurunkan energi dan imunitas tubuh Anda. Padahal jika Anda melakukan olahraga ringan, seperti jalan kaki, tubuh Anda akan menghasilkan antioksidan tinggi yang dapat menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

4. Merokok
Asap rokok mengandung radikal bebas yang sangat berbahaya dan mengancam kesehatan Anda. Radikal bebas dalam rokok berperan pada kerusakan saluran nafas. Setiap hisapan rokok meningkatkan radikal bebas dalam jumlah besar yang dapat menyebabkan kerusakan alveoli paru.

5. Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang
Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat yang tidak berguna di dalam tubuh. Ketika bangun kesiangan, Anda tidak BAB di pagi hari dan melewatkan makan pagi. Padahal pukul 5:00 s/d 07:00 pagi adalah waktu bagi tubuh untuk de-toxin yaitu membersihkan tubuh dari segala macam kotoran dan radikal bebas yang tidak sengaja masuk ke dalam tubuh Anda.

*Artikel ini adalah materi Rubrik Fit Up Tribun Sumsel yang diasuh oleh Dr Rostika Flora Chaidir SKep MKes AIFO, Dosen/Peneliti dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya

*Rubrik Fit Up terbit di Tribun Sumsel edisi cetak setiap hari Jumat

Let's block ads! (Why?)


Baca Kelanjutan Gaya Hidup Seperti Ini Tingkatkan Radikal Bebas - Tribun Sumsel : http://ift.tt/2ERJQ92

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gaya Hidup Seperti Ini Tingkatkan Radikal Bebas - Tribun Sumsel"

Post a Comment

Powered by Blogger.