Search

7 Gaya Hidup yang Patut Diubah untuk Mengatasi Masalah ... - Okezone

BANYAK pasangan yang baru menikah ingin segera memiliki anak. Namun ada satu kondisi yang membuat keinginan tersebut harus tertunda. Hal itu biasanya terkait dengan masalah kesuburan.

Selain dengan tindakan medis, masalah kesuburan bisa diatasi dengan perubahan gaya hidup. Melansir Mirror, Kamis (8/3/2018), berikut sejumlah kebiasaan yang bisa membantu meningkatkan kesuburan:

BERITA TERKAIT +

Ubah frekuensi dan gaya bercinta

Untuk memperbesar kemungkinan seorang perempuan hamil, maka hubungan seksual sebaiknya dilakukan setiap tiga hari sekali. Hal ini membuat sperma yang diproduksi lebih sehat dan mengantisipasi masa subur yang terlewat sehingga meningkatkan peluang untuk terjadinya pembuahan. Selain itu, pilihlah posisi seks misionaris dengan panggul miring sedikit. Hindari posisi kamasutra jika memungkinkan. Bagi pasangan yang ingin melakukan hubungan dengan pelumas, periksa kembali produk yang digunakan. Sebab pelumas mengandung spermisida yang dapat menghambat usaha untuk hamil.

Konsumsi zat besi dan teh herbal

Penelitian menunjukkan jika kekurangan zat besi dapat menyebabkan anovulasi, kondisi dimana seorang perempuan tidak berovulasi. Untuk menghindari hal ini, konsumsilah makanan yang tinggi zat besi seperti daging merah dan ikan. Tak hanya zat besi, asam omega 3 juga diperlukan untuk mendukung mobilitas dan motilitas sperma serta keseimbangan hormon wanita. Makanan yang bisa dikonsumsi antara lain makarel, ikan sarden, ikan asin, salmon, ikan trout, kerang, dan tiram. Bila Anda termasuk seorang vegetarian, penting untuk melakukan pengecekan kadar zat besi. Selain makanan, ada pula minuman yang membantu yaitu teh herbal. Jangan terlalu banyak mengonsumsi minuman tinggi kafein seperti kopi karena dapat mencegah ovulasi.

Melakukan pekerjaan rumah tangga

Menurut sebuah penelitian, perempuan yang lebih aktif melakukan pekerjaan rumah seperti berkebun dan menggunakan vacuum cleaner memiliki kemungkinan tiga kali lipat untuk hamil melalui IVF. Hal itu lantaran saat beraktivitas tubuh berhenti memproduksi insulin yang berlebihan. Sebab kadar insulin yang berlebihan dapat memengaruhi perkembangan telur yang sehat. Namun juga jangan terlalu keras bekerja karena pikiran bisa berada dalam tekanan sehingga memperlambat atau mematikan organ reproduksi untuk sementara. Aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah yoga, pilates, dan berenang.

Melakukan pengobatan alternatif

Cobalah mengatasi masalah kesuburan dengan melakukan akupunktur. Pengobatan tradisional itu dapat membantu mengendalikan ovulasi dan meningkatkan aliran darah ke rahim sehingga meningkatkan kemungkinan penanaman telur yang telah dibuahi ke dalam rahim. Sebaliknya, hindari konsumsi beberapa obat tertentu seperti parasetamol dan ibuprofen di sekitar waktu ovulasi karena memengaruhi pembuahan lantaran mengurangi jumlah hormon yang membantu melepas telur ke rahim usai dibuahi.

Berlibur ke daerah yang beriklim hangat

Paparan sinar matahari dan vitamin D dapat meningkatkan kemungkinan pembuahan. Selain itu, sperma dua kali lebih aktif pada bulan Juli dan Agustus.

Menghangatkan perut

Percaya atau tidak, rahim bisa menjadi dingin sehingga mempersulit untuk hamil. Cara yang bisa dilakukan adalah mengenakan pakaian hangat yang membantu menghangatkan perut termasuk rahim.

Mengendalikan berat badan

Bagi perempuan obesitas, kelebihan lemak tubuh dapat mengurangi kemungkinan hamil karena dapat menyebabkan kelebihan produksi hormon tertentu yang mengganggu ovulasi. Sementara itu, terlalu kurus juga tidak baik karena dapat mengganggu siklus menstruasi sehingga proses ovulasi lebih jarang terjadi.

(dno)

Let's block ads! (Why?)


Baca Kelanjutan 7 Gaya Hidup yang Patut Diubah untuk Mengatasi Masalah ... - Okezone : http://ift.tt/2G4oO4G

Bagikan Berita Ini

0 Response to "7 Gaya Hidup yang Patut Diubah untuk Mengatasi Masalah ... - Okezone"

Post a Comment

Powered by Blogger.