Search

5 Cara Jaga Kesegaran Makanan untuk Gaya Hidup Sehat - Jurnas

Berikut beberapa tips yang diberikan Kim dalam menjaga kesegaran bahan makanan untuk diolah menjadi masakan sehat.

Chef Kim Pangestu melakukan demo membuat dessert. (Foto: Andi Mardana/Jurnas.com)

Jakarta - Cita rasa dan kesegaran makanan asli bagaikan suatu harta karun bagi seorang chef dan pecinta aktivitas kuliner. Bahan makanan segar akan menghasilkan makanan yang sehat dengan cita rasa unggul karena rasa aslinya masih kuat terasa. Menjaga kesegaran bahan makanan alami seperti daging, ikan, buah serta sayur membutuhkan pemahaman, pengalaman dan ketelitian karena masing-masing memiliki jangka waktu kesegaran yang berbeda.

Konsumsi makanan sehat juga kian meningkat seiring tingginya gaya hidup sehat yang dianut masyarakat. Karenanya tak hanya mereka yang secara professional memahami makna kesegaran bahan makanan asli, namun masyarakat luas kini juga memiliki keinginan agar makanan yang dikonsumsi masih menyimpan kandungan gizi bermanfaat dan memiliki kesegaran alami.

Sebagai seorang professional chef, Kim Pangestu paham betul bahwa kesegaran dan cita rasa asli bahan makanan menjadi kunci masakan yang sedap dan sehat. Berikut beberapa tips yang diberikan Kim dalam menjaga kesegaran bahan makanan untuk diolah menjadi masakan sehat.

1. Pastikan beli bahan kondisi bagus
Pastikan bahan makanan seperti daging dan ikan dibeli dalam kondisi terbaik. Sehingga saat hendak menggunakan, kita akan mendapatkan manfaat terbaiknya.

2. Gunakan wadah penyimpanan yang tepat
Simpan dalam wadah yang tepat untuk masing-masing bahan makanan yang berbeda. Karena masing-masing memiliki batas waktu kesegaran yang berbeda.

3. Kenali sifat-sifat makanan
Kenali sifat khas bahan makanan, misalnya susu, mentega dan keju akan cepat busuk bila diletakkan di chiller dengan suhu di atas 17 derajat celcius. Jadi akan lebih baik bila kita dapat mempelajari lebih lanjut sifat masing-masing makanan.

4. Atur suhu penyimpanan
Pastikan suhu merata di bawah 4 derajat untuk menjaga kesegaran bahan makanan, karena di atas suhu tersebut ada kemungkinan bakteri akan berkembang. Sehingga memilih lemari es dengan fitur yang mampu menjaga pemerataan suhu sangatlah penting.

5. Pisahkan makanan sesuai jenis
Jaga agar bau tidak tercampur, pisahkan dengan seksama makanan yang dapat menimbulkan bau.

Proses ini cukup menantang, namun teknologi Twin Cooling Plus dari Lemari Es Samsung dengan pendinginan terpisah menjadikan bau makanan tidak tercampur dan kompartemen lebih higienis, sehingga lebih bebas meletakkan bahan makanan.

“Mengolah makanan sehat adalah stress relief bagi saya yang memiliki ritme pekerjaan kompleks setiap harinya. Bukan rahasia bahwa bahan makanan yang disimpan di lemari es mudah layu dan kurang fresh sehingga rasa dan tekstur makanan jadi berkurang kesedapannya," jelas Kim pada peluncuran lemari es Samsung Side by Side RS62 di Jakarta Kamis (26/4).

Dengan kemampuan Precise Chef Cooling lemari es dapat menjaga kualitas kesegaran dan cita rasa setiap bahan makanan melalui kemampuan untuk mengontrol perbedaan temperatur di kisaran 0,5 derajat sehingga lebih merata dan menjaga lebih baik dibandingkan moda normal. Tekstur dan rasa aman terjaga, daging dan ikan tetap segar.

Bau khas bahan makanan juga tidak tercampur satu sama lain berkat kemampuan fitur Twin Cooling Plus melalui pengaturan temperatur, kelembaban dan penyediaan aliran udara dingin ke setiap kompartemen secara terpisah.

“Di akhir sebuah hari, dapat berkumpul bersama keluarga dan menikmati makanan sehat adalah anugerah. Saya merasa puas dapat memberikan yang terbaik bagi keluarga, sahabat dan orang tersayang, karena melalui makanan sehat dan segar yang saya sajikan, saya merasa telah membantu mereka menjaga kesehatan dan hadirkan kegembiraan,” tutup Kim.

TAGS : Kim Pangestu tips perdapuran makanan sehat

Let's block ads! (Why?)


Baca Kelanjutan 5 Cara Jaga Kesegaran Makanan untuk Gaya Hidup Sehat - Jurnas : https://ift.tt/2HEybIm

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Cara Jaga Kesegaran Makanan untuk Gaya Hidup Sehat - Jurnas"

Post a Comment

Powered by Blogger.