Search

Gaya Hidup 'Digital' Bisa Jadi Solusi Selamatkan Air - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Dalam beberapa tahun terakhir masyarakat di berbagai belahan dunia telah didorong untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan yang ramah lingkungan, dari gaya hidup tanpa sampah, mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, hingga menghemat listrik dan air.

Di luar upaya tersebut, digitalisasi di dalam rumah ternyata juga bisa menjadi cara baru untuk berkontribusi menyelamatkan air dan bumi. Pemanfaatan teknologi dinilai akan mampu menghemat air dan lebih jauh mendukung aksi peduli di peringatan Hari Air Sedunia yang jatuh hari ini, Kamis (22/3).

Gaya hidup digital atau digitalisasi di dalam rumah ini bisa berupa teknologi seperti penerangan yang bisa diberi penghitung waktu, sensor cahaya dan gerak yang bisa mengontrol penggunaan listrik, dan sistem-sistem manajemen energi.


Menurut studi yang dirilis agensi air nasional PUB dan National University of Singapore, penggunaan alat mandi pintar bisa menghemat air hingga lima liter per hari. Sebagai respons terhadap hal ini, pemerintah Singapura dikabarkan akan memasang alat-alat mandi ini di sejumlah rumah di awal 2018.

Dilansir dari Business Times,digitalisasi adalah salah satu solusi bagi pemerintah, perusahaan dan penduduk untuk mencegah krisis air skala besar. Strategy Analytics bahkan menyebutkan bahwa alat-alat rumah pintar ini bisa mengambil alih penggunaan ponsel pada 2021.

Hal itu menjadi penting dan sejalan dengan peringatan Hari Air Sedunia 2018 yang tahun ini, peringatan tersebut akan berfokus pada keamanan air, yang telah menjadi salah satu prioritas agenda banyak negara selama 10 tahun terakhir.

Keamanan air bisa didefinisikan sebagai akses air yang berkelanjutan untuk kehidupan sehari-hari, kesejahteraan manusia dan perkembangan sosioekonomi. Walau begitu, menurut laporan Asian Development Bank 2015, lebih dari tiga per empat negara di Asia mengalami kekurangan air serius.

Namun, keamanan air tengah terancam perubahan iklim. Ilmuwan telah menyebut bahwa tingkat emisi karbon dioksida manusia belakangan ini telah terlalu parah hingga tidak bisa diperbaiki lagi. Pada 2016, penduduk bumi telah melampaui batas emisi karbon yang telah ditetapkan.


Partisipasi industri

Walaupun keterlibatan individu penting dalam perjuangan mengatasi perubahan iklim, hal tersebut tidak cukup. Pemegang kekuasaan dan pemilik industri-industri besar dinilai perlu ikut bergerak.

Hal ini disebabkan air merupakan sumber daya yang esensial dalam industri. Jutaan galon air digunakan untuk pembuatan produk sehari-hari. Dalam pembuatan kaus katun, misalnya, tiap harinya dibutuhkan 2.500 liter air.

Oleh karenanya, tanpa partisipasi industri besar dalam pelestarian lingkungan, upaya-upaya individu yang telah dilakukan tidak akan berdampak banyak.

Industri 4.0 adalah salah satu bentuk digitalisasi yang bisa diadopsi industri-industri besar. Industry 4.0 atau "pabrik pintar" (smart factory) merupakan otomasi dan pertukaran data yang bisa membantu meningkatkan produktivitas bagi sektor manufaktur. Teknologi ini juga bisa menghembat sumber daya dengan cara membatasi pembuangan material dan overproduksi.

Beberapa perusahaan di dunia telah merancang model-model digitalisasi industri untuk menghembat sumber daya air dalam proses produksi.


Salah satunya adalah Grundfos, yang merancang iSolutions. iSolutions adalah produk-produk pompa yang menggunakan teknologi industri 4.0 untuk mengoptimalisasi efisiensi air.

Sebagai pompa berteknologi canggih, iSolutions menggunakan proses monitor yang terotomatisasi, fitur-fitur yang bisa disesuaikan, dan teknologi-teknologi lainnya. Sehingga, industri yang menggunakan teknologi ini dapat menghemat air dalam proses produksinya.

Dengan semakin bermunculannya teknologi-teknologi yang berfokus pada penghematan sumber daya alam, di masa mendatang akan muncul model-model bisnis yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Digitalisasi memang membutuhkan waktu bagi masyarakat untuk beradaptasi. Walau awalnya terlihat lebih mahal dan mengorbankan lebih banyak usaha, keuntungan digitalisasi dalam jangka panjang diyakini akan lebih banyak.

(ast/rah)

Let's block ads! (Why?)


Baca Kelanjutan Gaya Hidup 'Digital' Bisa Jadi Solusi Selamatkan Air - CNN Indonesia : http://ift.tt/2G2ngXS

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gaya Hidup 'Digital' Bisa Jadi Solusi Selamatkan Air - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.