Search

Ayo Indonesia Bergerak, Kampanye Anlene Melawan Gaya Hidup ... - iNews

YOGYAKARTA, iNews.id – Kampanye “Ayo Indonesia Bergerak” resmi diluncurkan di Yogyakarta oleh Anlene, merek unggulan dari Fonterra Brands Indonesia. Kampanye ini mendorong masyarakat Indonesia bergerak lebih aktif secara fisik agar hidup lebih sehat.

Kampanye “Ayo Indonesia Bergerak” kali ini melibatkan selebriti Indy Barends dan Prisia Nasution. Kegiatan dalam kampanye ini meliputi aktivitas fisik estafet dari Yogyakarta ke Jakarta sebagai simbol masyarakat Indonesia untuk bergerak lebih aktif secara fisik melawan gaya hidup sedentari.


Sebanyak 250 pelari dan pesepeda dilepas untuk melakukan perjalanan sejauh 600 kilometer secara estafet ke Jakarta melewati sejumlah kota, seperti Kebumen, Purwokerto, Ciamis, Bandung, dan Bogor pada peluncuran di Yogyakarta ini.

Gaya hidup sedentari telah menjadi isu penting di Indonesia dan dunia. Gaya hidup sedentari terbukti telah meningkatkan jumlah penderita penyakit tidak menular dan mencegah masyarakat Indonesia memiliki kehidupan yang lebih baik.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 dari Kementerian Kesehatan menunjukkan bahwa 24,1 persen penduduk Indonesia menjalani perilaku sedentari lebih dari enam jam per hari. Dengan seperempat masyarakat Indonesia menjalani gaya hidup sedentari, risiko terjadinya penyakit tidak menular pun meningkat.


Saat ini penyebab kematian tertinggi di Indonesia dan dunia, termasuk di antaranya penyakit stroke, penyakit jantung, dan diabetes mellitus.

“Seiring dengan gaya hidup modern yang dijalankan oleh masyarakat Indonesia, tidak bisa dipungkiri bahwa gaya hidup sedentari pun merupakan suatu hal yang banyak dilakukan, sehingga menjadi penghalang bagi kita dalam melakukan yang terbaik dan memiliki kehidupan lebih baik. Dengan fakta satu dari empat penduduk Indonesia menjalani gaya hidup sedentari, sekarang adalah saat tepat untuk mengajak semua masyarakat Indonesia melawan fenomena ini. Kampanye ‘Ayo Indonesia Bergerak’ merupakan inisiatif Anlene untuk melawan sedentari dan mendukung program pemerintah, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS),” tutur Technical Marketing Advisor Fonterra Brands Indonesia Rohini Behl di Lapangan Parkir Mandala Krida, Yogyakarta, Minggu 8 April 2018.

Dengan bergerak aktif, serta menjaga kesehatan tulang, sendi, dan otot tetap kuat, kata Rohini, kita telah melakukan langkah penting untuk melawan gaya hidup sedentari yang meningkatkan faktor risiko penyakit tidak menular, seperti penyakit jantung, stroke dan diabetes.

“Yogyakarta terpilih sebagai kota dimulainya kampanye ini. Berdasarkan Riskesdas 2013, prevalensi tiga penyakit tidak menular utama, yaitu diabetes, gagal jantung, dan stroke di Yogyakarta menempati peringkat satu dan dua. Momen ini sangat tepat untuk memulai gaya hidup aktif dan melawan sedentari,” katanya.

Secara gobal, kurangnya aktivitas fisik diestimasikan menimbulkan biaya pelayanan kesehatan dalam setahun hingga sebesar $54 miliar, di mana 57 persen ditanggung oleh sektor publik dan tambahan $14 miliar menyebabkan hilangnya produktivitas.


“Anlene menganjurkan masyarakat Indonesia untuk bergerak aktif minimal 30 menit sehari dan dilakukan tiga sampai lima kali seminggu atau total 2,5 jam per minggu untuk melawan gaya hidup tidak aktif/sedentari. Sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang, sendi, dan otot agar tetap kuat dan sehat. Ketiganya merupakan bagian dari sistem musculoskeletal yang mendukung kemampuan kita memiliki postur yang baik, keseimbangan, dan bergerak aktif,” kata Senior Nutrition Manager Fonterra Brands Indonesia Ines Yumahana Gulardi di lokasi yang sama.

Menurut Ines, kunci gaya hidup lebih sehat dengan mempraktikkan olahraga rutin dan memilih pola makan yang sehat dan simbang.

“Sebagai bagian dari pola makan yang sehat seimbang, Anlene dengan formulasi MoveMax mengandung zat gizi yang membantu menjaga kekuatan dan kesehatan tulang, sendi dan otot, sehingga kita dapat bergerak aktif dan melawan gaya hidup sedentari/tidak aktif,” ucapnya.

Tidak hanya estafet dari Yogyakarta ke Jakarta, "Ayo Indonesia Bergerak" juga menghadirkan kegiatan-kegiatan menarik, seperti MoveMax arena, cooking class, dan fun walk di Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta. Anlene juga menggandeng figur publik yang dikenal sangat aktif, yaitu Indy Barends dan Prisia Nasution yang dapat menginspirasi masyarakat melawan gaya hidup sedentari.

Editor : Zen Teguh

Let's block ads! (Why?)


Baca Kelanjutan Ayo Indonesia Bergerak, Kampanye Anlene Melawan Gaya Hidup ... - iNews : https://ift.tt/2qkKXUY

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ayo Indonesia Bergerak, Kampanye Anlene Melawan Gaya Hidup ... - iNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.